#

Rabu, 03 November 2010

SBA 3: Kata Kerja (fi`il)




Kata kerja sebagaimana yang telah kita uraikan pada SBA 1 adalah setiap kata dalam bahasa Arab yang menunjukan sebuah pekerjaaan dan berkaitan dengan waktu. Dalam bahasa Arab kata kerja disebut dengan fi`il. Ini adalah istilah yang dipakai dalam semua buku tata bahasa Arab. Contoh fi`il (kata kerja) dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

كَتَبَ – يَكْتُبُ : (dia) menulis
قََََََرَءَ – يَقْرَءُ : (dia) membaca
جَلَسَ – يَجْلِسُ : (dia) duduk
Jika kita perhatikan, ketiga kata kerja diatas di bagi menjadi dua bagian yang dipisahkan dengan tanda (-). Kedua bagian tersebut sama artinya, namun memiliki fungsi yang berbeda.

Menurut kaedah bahasa Arab, fi`il atau kata kerja ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
1. Fi`il madhi, yaitu kata kerja yang menunjukan sebuah pekerjaan yang telah terjadi (past). Silahkan anda lihat kembali contoh diatas! Bagian depan pada fi`il itulah yang disebut dengan fi`il madhi. Jadi, kata كَتَبَ jika kita terjemahkan secara apa adanya adalah: (dia) telah melihat.
2. Fi`il mudhori`, yaitu kata kerja yang menunjukan sebuah pekerjaan yang sedang terjadi (present) atau akan terjadi (future). Nah, bagian belakang pada contoh fi`il diatas tersebutlah yang dimaksud dengan fi`il mudhori`. Jadi, kata يَكْتُبُ pada contoh diatas jika kita terjemahkan apa adanya berarti: (dia) sedang menulis.
3. Fi`il amar, yaitu kata kerja yang berfungsi untuk memerintah. Dalam bahasa Indonesia fi`il amar disebut dengan kata perintah. Contohnya adalah sebagai berikut:
اُكْتُبْ! : tulislah!
اِجْلِسْ! : duduklah!
اِقْرَءْ! : bacalah!

Mengapa fi`il diatas menunjukan subjek dia? Karena dalam bahasa Arab subjek dia selalu di jadikan standar. Sedangkan jika kita ingin mengubah subjeknya menjadi aku, kamu, mereka, ataupun kita, akan ada sedikit perubahan pada fi`il tersebut. Untuk bagaimana penggunaan fi`il tersebut dalam sebuah kalimat akan kita pelajari pada bab tersendiri. Pada bab ini kita hanya membahas tentang pembagian kata kerja dalam bahasa Arab sebagai pengantar untuk menyusun kalimat dalam bahasa Arab pada SBA berikutnya.
(sumber: http://fahrihidayat.blogspot.com)